Adat kawin paksa gadis dibaham lelaki tua



Praktik Kawin Paksa di Pedalaman Afrika Selatan

NOLIZWI Sinama baru berusia 14 tahun ketika keluarganya “menukarkan” dirinya dengan tiga ekor sapi dan memaksanya kawin dengan pria yang usianya tiga kali lipat gadis belia tadi.

Kini tinggal di sebuah penampungan lokal bagi remaja korban penganiayaan, remaja pemalu tadi terlihat grogi dan berusaha keras untuk menahan airmata ketika berbicara tentang deritanya selama tiga tahun, dan harus melayani pria tadi setiap harinya.

Keluarga Sinama meninggalkan cewek tadi di rumah “suami” barunya, seorang duda berusia 42 tahun dari desa KwaCele, dalam suatu praktik yang dulu terlupakan yang kini dihidupkan kembali oleh keluarga-keluarga miskin di pedalaman Afrika Selatan yang sangat membutuhkan uang.

Kasus Sinama mencerminkan kasus ratusan gadis lain di berbagai daerah pedalaman propinsi Cape Timur yang miskin. Di propinsi itu hampir 200.000 orang hidup dengan biaya kurang satu dolar sehari.

Tradisi perkawinan kuno itu bernama ukuthwalwa, yang artinya “akan dibawa” dalam bahasa Xhosa, merupakan perkawinan diatur lebih dulu setelah seorang pria yang gagal merayu seorang wanita melakukan cara memaksanya memasuki perkawinan.

Pada waktu lalu, korban biasanya orang dewasa, tapi kini pria-pria setua 60 tahun menculik gadis-gadis puber dan memaksa mereka melakukan perkawinan adat yang ilegal, sehingga membuat marah kalangan aktivis dan otorita kesejahteraan.

NOLIZWI Sinama baru berusia 14 tahun ketika keluarganya “menukarkan” dirinya dengan tiga ekor sapi dan memaksanya kawin dengan pria yang usianya tiga kali lipat gadis belia tadi.

Perihal pakcikli00

Saya adalah dukun asmara
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Tinggalkan Jawapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Tukar )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Tukar )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Tukar )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Tukar )

Connecting to %s